Korea Selatan yang berglobalisasi

Warning : Ini adalah tulisan mengarah ke Hate, please skip kalo kamu nggak suka KorSel saya hate



Gue ngetik ini setelah membaca berita media Korea yang rasis terhadap negara lain dalam acara pembukaan olimpiade Tokyo 2020 pada Juli 2021. Gila gue baca beritanya langsung kesel parah. 


Oke, gue enggak sepenuhnya benci sama orang-orang Korea. Wong gue penikmat drama korea kok, dengerin kpop juga pula. Gue kenal Korea malah dari tahun 2011, awal mula dari Suju. Lebih lama lagi, kalo mau diinget-inget gue udah nonton Full House atau Jang Geum di kisaran 2004. 


Tapi, jujur gue emosi dengan kejadian acara Olimpiade ini. Nggak cuma Indonesia aja yang dideskripsikan jelek, tapi juga banyak negara lain. 


Deskripsi Indonesia di MBC Korea:

Negara kepulauan terbesar di dunia, negara dengan penduduk terpadat di dunia urutan ke-4, memiliki GDP rendah, vaksinasi rendah, dan 6 persen penduduknya terinfeksi COVID-19.


Gue setuju nih sampe GDP rendah, okelah itu masalah pemerintahan, ya bagian fakta juga saat ini. Tapi pas bagian vaksinasi, Sumpah ya, ini menurut gue nggak ada empatinya sama sekali ke negara lain. Di saat pandemi belum berakhir, negara lain lagi berjuang mati-matian buat hidup, buat nekan sebisa mungkin pandemi supaya perekonomian pulih, mereka dengan santainya ngomong kayak gini. Ibaratnya, luka masih baru loh, kering pun belum udah ditaburin garem aja.


Kalo mau adil, harusnya mereka kasih data semua negara yang terpapar COVID-19, nggak cuma di Indonesia aja. Tapi, ternyata Jepang cuma dideksripsiin Sushi aja, yang artinya mereka memang memandang negara tidak maju lebih rendah dari negara mereka (ini jatohnya oknum ya, nggak semua orang Korea kayak gini)


Korea tuh kalo gue liat dari sisi lain kayak punya mindset gini "ini kan acara perlombaan gitu ya, kita wajib dong proud sama negara sendiri, yang lain mah apa lah cemen" gitu. Makanya tercipta lah itu deskripsi-deskripsi tidak manusiawi dan negatif ke negara lain, sedangkan negaranya sendiri dideskripsikan positif. Tapi, menurut gue malah itu mentality-nya bocah banget. Apa salahnya sih ngasih deskripsi yang sama-sama positif buat negara lain. Lu lagi kompetisi olahraga, bukan kompetisi nyiyir plus julid.

Mancing keributan banget emang. 


Gue kalo ngebahas rasis orang-orang Korea selalu keinget sama lyric Mayfly yang "We bleed the same colour"


Kadang kecewa gitu, orang-orang Korea ngerasa di rasisin sama orang kulit putih, tapi merekapun juga rasis sama orang dari negara berkembang. (Lagi-lagi ini oknum ya)


Harusnya Korea udah mulai sadar gitu sekarang udah kayak jadi semacam kiblat baru di dunia. Ini satu dunia bakal nengok kalo mereka gerak sedikit aja. 


Maksud gue, please orang Korea bisa kali ubah mindsetnya. Kalian tuh udah jadi negara maju, udah globalized banget semenjak BTS yang jadi proud of Korea booming kemana-mana. Masa kalian masih tetep rasis negara lain. 


Last, intinya ngefans boleh, suka boleh, tapi jangan bodoh sampai semua diagung-agungkan. Karena balik lagi mau orang atau negara nggak ada yang sempurna, punya hitam dan putihnya masing-masing. 


Dah.

No comments:

Powered by Blogger.