Perjuangan Masuk Kuliah

Haloo, sebetulnya ini minggu-minggu terpadat kuliah semester ini. Tapi, gue lagi capek banget dan bosen jadi mau share sedikit aja tentang pengalaman gue saat masuk kuliah. Bisa panjang banget sih, karena jujur pengalaman ini yang paling pahit di hidup gue dan penuh dengan air mata (lebay). Tapi, gue bakal singkat aja dan ambil intinya.

Gue nulis pos ini bertepatan dengan pengumuman SNMPTN 2016. Buat kalian, adik-adik yang lulus SNMPTN, selamat yaa. Buat kamu yang belum lulus, jangan berkecil hati dan sedih, kesempatan kamu masih banyak kok..
Gue juga sama kayak kalian kok, ikut tes ini itu demi masuk perguruan tinggi. Bedanya mungkin jaman gue belum pake komputer, masih UN 20 paket #eaa
Sama kayak kalian, gue juga ikut SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri demi perguruan tinggi. Dulu satu-satunya tujuan gue adalah ilmu gizi IPB. Alhasil, gue daftar SNMPTN ilmu gizi IPB dan gue lupa apalagi. Waktu jaman gue, semua siswa bisa ikut SNMPTN (nggak pake aturan 75% atau berapa persen) dan ada aturan salah satu perguruan tinggi yang dipilih harus PT di daerahnya (You can guess maybe, gue angkatan berapa).
Singkatnya, gue ambil SNMPTN ilmu gizi IPB, satunya lupa apaan, dan dua pilihan lagi Universitas daerah gue tinggal. Mungkin keliatannya gue pede abis milih ilmu gizi yang notabene jurusan dengan peminat terbanyak di IPB. Bagi gue SNMPTN bukan masalah masuk atau nggak, tapi masalah minat. Percuma kalo keterima tapi lo nggak minat, ujung-ujungnya mungkin lo bakal pindah jurusan semester berikutnya. Gue juga tau kemungkinan gue keterima 50:50, atau orang bilang lo kayak ambil kupon berhadiah (walaupun gak gitu juga). Dan, gue udah siap dengan kemungkinan terburuk gue gak keterima. Hasilnya, gue inget banget sore-sore gue buka pengumuman SNMPTN dan hasilnya gue ditolak. Jujur waktu itu gue biasa aja. But, my father blamed so hard like it was my fault for chose that.
Gara-gara kejadian itu, SBMPTN gue gak dibolehin milih IPB. Semua pilihan jadinya PT di provinsi gue (bukan Jabodetabek loh ya). Gue udah nangis-nangis ke nyokap pengen banget masuk IPB, tapi tetep gak dibolehin. My parent was very strict and traumatic also. Gue juga daftar ujian mandiri, walaupun gue sebetulnya gak kepengen. Waktu itu gue daftar USM Undip, SIMAK UI, USM IPB, dan President University.

  • President University
PU ini letaknya ada di Jababeka, Bekasi. Gue daftar ini karena ada tes beasiswanya di daerah gue. Waktu itu, iseng-iseng ikut dan alhamdulillah gue lolos beasiswa yg 80%. Udah lupa berapa total beasiswanya, yang jelas beasiswa 80% itu gue masih harus bayar SPP 8jt per semester. Mahal sih jadi gak gue ambil.

  • SBMPTN 
Waktu itu ada sedikit masalah, gara-gara yang ngisiin formulir kakak gue dan dia agak ceroboh padahal laki-laki -__-. Nama gue jadi nyelip satu huruf. Akhirnya harus diurus ke pusatnya. Hasil SBMPTN, alhamdulillah gue keterima di pilihan pertama

  •  Ujian Mandiri Undip
Ini gue gak terlalu kepengen, soalnya terlalu jauh dari rumah, maklum perempuan. Hasilnya adalah gue ditolak. Kalo kata orang-orang, kalo udah keterima SBMPTN gak bakal keterima di ujian mandiri Undip. Jadi, karena gue lulus SBMPTN, Undip menolak gue.

  • SIMAK UI
Gue inget banget gue daftar SIMAK UI hari H penutupan. Gue sebetulnya nggak pengen masuk UI waktu itu jadi ogah-ogahan milih jurusannya. Lucunya tes SIMAK UI waktu itu bertepatan dengan ulang tahun gue. Sampe gue mikir, mungkin orang UI bakal lulusin gue karena gue lagi ulang tahun. Haha. Hasilnya, alhamdulillah keterima. Waktu itu gue inget banget pas pengumuman ayah yang buka, tapi gue gak peduli. Pas dikasih tau keterima, gue juga biasa aja haha. Maybe, I'm too expressionless

  • Ujian Mandiri IPB
Ini sebetulnya gue yang kepengen banget, walaupun ayah gue kayaknya nggak setuju banget. Alasan gue waktu itu adalah gara-gara gue gak dibolehin milih IPB dan gue harus dapetin IPB di ujian mandiri. Waktu itu gue harus bayar 500rb (mahal banget -__-), tapi nggak jadi ikut tes. Btw, gue lupa sistem IPB kayak apa, gue lupa milih jurusan apa di IPB. wkwk


Seperti gue jelaskan diatas, gue diterima di dua universitas, UI sama univ di daerah gue dengan jurusan yang sama. Waktu itu jarak pengumuman sama daftar ulang cuma 3 hari, jadi gue harus mutusin secara cepat. Akhirnya dengan pertimbangan orangtua, gue ambil UI. Dan, itu artinya IPB harus dilepas karena gue udah mulai segala macem OBM, padus dll. Alasan lainnya, karena UI udah pasti daripada IPB belum tes sama sekali dan yang diterima sedikit banget buat satu jurusan. Mungkin kalo orang lain di posisi gue dapet UI pasti langsung diambil, tapi nggak dengan gue. I have many internal conflict that not easy to share and understand publicly.

Pokoknya semangat dan terus berusaha buat yang belum keterima :). Allah melihat dari usaha kamu kok.

Notes :
1. Pilih jurusan sesuai dengan minat kamu, jangan ikut-ikutan temen dan kalo kebentur dengan ortu sebisa mungkin jelasin alasan kamu sebaik-baiknya
2. Percaya aja setelah masa sulit pasti akan ada kemudahan (note to my self)
3. Mungkin bacanya agak aneh karena ada bagian-bagian yang gue skip because of family matters. If you want to ask further, contact me at blossom_ziee@yahoo.com

2 comments:

Powered by Blogger.